Tertinggal dari Kota Tegal, Brebes Belum Siap Terapkan New Normal
Ngresula

Tertinggal dari Kota Tegal, Brebes Belum Siap Terapkan New Normal 

Kota Tegal digadang-gadang menjadi kota pertama yang memulai era new normal setelah berhasil menjadikan kotanya nihil dari kasus Covid-19. Sejak diberitakan mengenai kasus positif Covid-19 pada awal April, Kota Tegal melalui masa-masa perawatan daerah dengan ketat, diantaranya penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) pada 23 April 2020.

Penerapan PSBB tentu menuai banyak pro dan kontra, pasalnya banyak masyarakat yang protes akan kebijakan ini dan banyak pula yang melanggar protokol kesehatan saat penerapan PSBB ini, namun setelah masuk minggu kedua, masayarakat mulai terbiasa dan hidup disiplin.

Seiring berjalannya waktu penerapan PSBB dinilai efektif, hingga pada 7 Mei 2020 Kota Tegal menjadi satu-satunya daerah di Jawa Tengah yang nihil kasus positif Covid-19. Hal itu tentu pencapaian yang bagus ketika Kota Tegal dikelilingi dengan daerah zona merah yaitu Kabupaten Tegal, Kabupaten Pemalang dan Kabupaten Brebes yang dinilai lambat mendeteksi kasus positif Covid-19.

Baca juga: Norma dalam New Normal 

Pemkab Brebes Lambat Mendeteksi Covid-19.

Ketika Pemerintah Kota (Pemkot) Tegal telah mendeteksi kasus Covid-19 pada awal April 2020, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Brebes masih adem ayem dengan pemeberitaan kasus positif di daerahnya, bahkan saat penerapan PSBB di Kota Tegal pun, Pemkab Brebes belum berhasil mendeteksi kasus Positif Covid-19 di daerahnya.

Hingga pada 5 Mei 2020 masyarakat Brebes dikejutkan dengan pemberitaan kasus positif Covid-19 mencapai 16 orang terkonfirmasi. Namun biarpun kemunculan kasus positif dengan jumlah yang demikian mengejutkan, Pemkab Brebes urungkan niat untuk meniru Pemkot Tegal menerapkan PSBB yang sudah lebih dulu mendeteksi Covid-19 hingga nol kasus dengan penerapan kebijakan tersebut, Pemkab Brebes hanya menerapkan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PKM).

Pada dasarnya PSBB adalah pembatasan total terhadap segala aktifitas manusia dan hanya memperbolehkan aktifitas tertentu, sedangkan PKM masih memperbolehkan masyarakat untuk berkegiatan tetatpi dengan batasan waktu dan dengan memperhatikan protokol kesehatan. Dari kondisi tersebut jelas Pemkab Brebes tidak mau belajar dari kota tetangganya, yang bahkan hasilnya sudah bisa dirasakan bersama dengan menjadikan Kota Tegal kembali menjadi daerah zona hijau kasus Covid-19.

Baca juga: New Normal Segera Diterapkan, Bagaimana Nasib Pondok Pesantren? 

Kesiapan Kabupaten Brebes Hadapi New Normal

Ketika Indonesia bersiap untuk menyambut fase new normal life atau kehidupan normal baru dalam mengahadapi pandemi virus corona yang menyebabkan Covid-19. New normal yang telah disebutkan Rembesmin diawal telah dimulai di Kota Tegal disamping beberapa daerah tetangga masih dalam zona merah.

Adalah Kabupaten Brebes yang masih jauh untuk memasuki era new normal saat pandemi ini, pasalnya di Kabupaten Brebes justru kian hari kasus Covid-19 kian meningkat, baru-baru ini terjadi penambahan dua kasus positif dari Kecamatan Ketanggungan yang menambah angka kasus positif di Kabupaten Brebes hingga hari ini menjadi 30 orang terkonfirmasi Covid-19.

Sudah menjadi rahasia umum, kondisi saat ini adalah buntut dari lambatnya penanganan Covid-19 di Kabupaten Brebes, sikap tutup menutupi Pemkab Brebes dari awal mengenai data Covid-19 yang akhirnya menjadi bumerang, ya imbasnya pada sikap masyarakat yang kagetan setelah baru mendengar kasus positif Covid-19 jauh setelah pemberitaan santer di daerah-daerah lain. Jangakan kepikiran protokol kesehatan atau aturan-aturan kebijakan dalam menghadapi new normal, menghentikan laju kasus positif di Brebes saja masih menjadi pekerjaan rumah yang besar Pemkab Brebes khususnya.

Lagi-lagi, Kabupaten Brebes selalu terbelakang perihal laju perkembangan dunia, nggak usah jauh-jauh untuk bercita-cita menjadikan Brebes kota Industri, pendeteksian kasus Covid-19 juga masih selalu lamban dibanding kota-kota tetangga. Jadi jangan berharap kabupaten Brebes memasuki era new normal dalam waktu atau kalau ternyata Pemkab Brebes ngeyel untuk tetap menerapkan new normal, ya sekiranya Brebes akan sulit untuk keluar dari zona merah Covid-19.

Related posts