Sinergitas Mahasiswa Dalam Membangun Bangsa.
Opini

Sinergitas Mahasiswa Dalam Membangun Bangsa. 

Sejarah bangsa indonesia telah membuktikan kaum muda sangat berperan penting dalam membangun dan memajukan bangsa indonesia. Masa depan suatu bangsa ditentukan oleh generasi muda, oleh karena itu setiap pemuda indonesia baik dari status pelajar, mahasiswa ataupun yang sudah tamat pendidikan.

Namun hari ini ditengah ketatnya persaingan dunia, Indonesia yang sejatinya memiliki kekayaan sumber daya alam yang melimpah justru tidak mampu menyediakan pendidikan yang layak serta terjangkau bagi seluruh elemen masyarakat. Padahal pendidakan merupakan faktor yang sangat penting untuk diandalkan bangsa Indonesia dalam mewujudkan cita-cita yang akan datang dan dapat mempertahankan kedaulatan bangsa.

Hari ini kita melihat bahwa pendidikan tidak sesuai apa yang diamanatkan oleh undang-undang yang mengatakan pendidikan adalah hak bagi setiap warga negara. Hal ini terbukti dengan adanya sistem Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang membuat masyarakat merasa diberatkan ketika akan melanjutkan studinya ke perguruan tinggi. Seakan melarang warga khususnya kaum muda untuk meraih cita-citannya dan mengubah nasibnya untuk menjadi lebih baik lewat ilmu.

Bukan hanya aspek pendidikan, sosial dan ekonomi pun tentu menjadi hal yang kita segerakan dan selesaikan bersama. Dalam sudut pandangan lain, pendidikan kini semakin jatuh dari kemajuan, ekonomi yang semakin tertinggal kebelakang dengan bangsa lain, yang kota semakin kekinian dan yang kampung semakin kampungan.

Mahasiswa adalah agent of change yang memiliki peran untuk merubah dan memajukan bangsa. Dengan gelar yang di raih, perubahan dan kemajuan bangsa tentu menjadi cita bersama. Status itu harus di aktualisasikan untuk mengabdi, membangun, dan memperbaiki negeri. Peran mahasiswa sebagai sosial of control dalam membangun dan memajukan negeri tentu perlu Sinergitas dengan masyarakat, pemerintah daerah, dan pemerintah pusat, ini menjadi jalan tengah untuk memperbaiki dan memajukannya.

Persoalan ini harus kita tuntaskan bersama, kerja sama dan kekompakan membangun harus kita lakukan agar cita dan harapan dapat menjadi kenyataan. Karena sejatinya negara adalah suatu kompenen yang saling bersinergi antara pemerintah, masyarakat, tua, muda. Sehingga dapat tercipta pemimpin bangsa dimasa selanjutnya yang dapat meneruskan roda perjuangan untuk merealisasikan cita-cita pendiri bangsa.

Related posts