Quraish Shihab: Dakwah Yang Baik Tidak dengan Menakut-nakuti.
Tokoh

Quraish Shihab: Dakwah Yang Baik Tidak dengan Menakut-nakuti. 

Dakwah adalah ajakan kepada kebaikan dengan cara yang terbaik. Ia adalah upaya memberi hidayah yakni petunjuk. Hidayah seakar dengan kata hadiah, yakni sesuatu yang seyogianya baik/bermanfaat, yang dikemas dengan indah dan diserahkan dengan lemah lembut.

Quraish Shihab dalam kesempatan ceramahnya mengatakan bahwa menyampaikan dakwah dan menyampaikan ajaran harus dengan cara yang baik.

“Kalau kita menyampaikan dakwah, menyampaikan ajaran, itu mengajak orang mendapat hidayah. Hidayah itu seakar dengan hadiah. Dibungkus dengan indah, isinya baik, tidak dilempar begitu saja.” Ujarnya dalam salah satu ceramah di Youtube (5/19)

Penulis Tafsir Al-Misbah itu juga menambahkan bahwa di dalam dakwah sebaiknya kedepankan kasih sayang dan menghindari dakwah dengan cara menakut-nakuti.

“Dakwah juga tidak boleh mengedepankan menakut-nakuti umat. Dakwah yang baik seharusnya mengedepankan rahmat Allah SWT.” Sambungnya.

Hal ini selaras dengan kandungan al-Qur’an surah Al-Imron ayat 159 yang artinya: Sekiranya engkau berucap kasar lagi berhati keras, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekelilingmu.

Related posts