Sinau

Peranan Teknologi Informasi dan Komuniasi dalam Dunia Pendidikan 

Pada dasarnya kecenderungan pendidikan di masa mendatang itu mulai berkembangnya pendidikan terbuka dengan modus jarak jauh perlu dimasukkan sebagai strategi utama. Sharing Resource bersama antar lembaga pendidikan dalam sebuah instrument pendidikan lainnya berubah fungsi menjadi sumber informasi daripada sekedar rak buku, penggunaan perangkat teknologi informasi interaktif, seperti CD-ROM multi media dalam pendidikan secara bertahap menggantikan televisi dan radio (B.Uno: 2010)

Tingginya indikator kualitas pembelajaran dalam pendidikan biasanya adanya kesempatan dan ruang bagi para siswanya untuk mengembangkan potensi dan bakat yang dimiliki dapat memenuhi kebutuhan emosional peserta didiknya. Selain itu, untuk menciptakan pembelajaran yang berkualitas juga harus dimulai dari keaktifan para siswa yang tidak selalu menjadikan patokan kepada guru sebagai sumber tunggal nya dalam belajar. Nah, dengan cara meningkatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi yang baik dalam penyelenggaraan pembelajaran pendidikan dapat dijadikan sebagai media pembelajaran di kelas.

Hidup manusia ini juga dipengaruhi oleh perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Seiring berjalannya waktu kemajuan teknologi yang makin berpengaruh ke dalam segala aspek kehidupan, baik dalam bidang politik, kebudayaan, seni, ekonomi dan bahkan sampai ke dunia pendidikan. Di era globalisasi seperti ini tidak bisa lagi dihindari pengaruhnya terhadap dunia pendidikan. Teknologi akan dapat lebih berkualitas apabila digunakan secara bijak untuk pendidikan dan mempunyai arti penting bagi kesejahteraan.

Bahkan, kemajuan teknologi ini adalah sesuatu yang sangat tidak bisa kita hindari di dunia ini, karena seiring berjalannya kemajuan teknologi maka berpengaruh juga dengan kemajuan Ilmu Pengetahuan di dunia bahkan di Indonesia pun bisa dibilang seperti itu. Banyak di sekolah-sekolah maupun di kampus-kampus memanfaatkan TIK yang telah merambah dalam bidang pendidikan untuk apa? Ya, tujuannya supaya para siswa dan mahasiswa nya dapat mengoptimalkan keterampilannya, sehingga dapat di aplikasikan pada mata pelajaran atau mata kuliah lain sebagai lintas kurikulum (Budiman: 2012).

Baca juga: Arahan Protokol Kesehatan Saat New Normal 

Selain itu, sebagai media pendidikan komunikasi dilakukan dengan berbagai cara misalnya dengan media komunikasi seperti telepon, computer, internet, email. Oleh karena itulah, interaksi antara siswa dan guru dapat dilaksanakan dengan menggunakan aplikasi tersebut. Hal yang paling trend itu sekarang cyber teaching atau yang biasa kita sebut istilahnya yaitu e-learning. E-learning itu merupakan suatu model pembelajaran dengan media teknologi komunikasi dan informasi khususnya yaitu internet. E-learning perlu diciptakan seolah-olah peserta didik belajar secara konvensional, hanya saja dipindahkan ke dalam sistem digital melalui internet (Anwas: 2005).

Sebagaimana yang kita ketahui perkembangan teknologi mempunyai berbagai macam manfaat bagi manusia di era globalisasi seperti ini. Perkembangan teknologi ini dapat digunakan dalam hal apa saja khususnya dalam hal positif seperti Pendidikan. Intinya Teknologi Informasi dan Komunikasi merupakan metode pembelajaran dan penyampaian yang cepat, tepat dan efisien.

Daftar Pustaka

Budiman, H. (2017). Peran teknologi informasi dan komunikasi dalam pendidikan. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 31-43.

Cholik, C. A. (2017). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Untuk Meningkatkan Pendidikan Di Indonesia. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 2(6), 21-30.

Ismaniati, C. (2010). Penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam peningkatan kualitas pembelajaran. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Jamun, Y. M. (2018). Dampak teknologi terhadap pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio, 10(1), 48-52.

Baca juga: Toleransi Beragama Adalah Kunci Keutuhan Bernegara

Related posts