Mengenal Kale, Ratu Sayur dari Daratan Eropa
Warta

Mengenal Kale, Ratu Sayur dari Daratan Eropa 

Kale mungkin sayur ini masih jarang kita dengar. Meski begitu, kale adalah salah satu sayur yang memiliki kandungan gizi yang lengkap. Karena itu pula kale disebut sebagai ratunya sayur.

Kale sebenarnya bukan sayur yang tumbuh di Indonesia. Kale tumbuh subur di daratan Eropa. Namun kini kale telah sukses dibudidayakan di Indonesia.

Kale atau borecole masuk ke dalam spesies tanaman Brassica oleracea kelompok Acephala. Sayuran berwarna hijau dan ungu ini yang masih satu ‘bangsa’ dengan kubis, kailan, dan brokoli.

Baca juga: Ospek Online: Tantangan dan Persiapan 

Ahli nutrisi menyebut, satu cangkir kale mentah mengandung 33 kalori. Sementara kandungan proteinnya bisa mencapai 3 gram dan seratnya 2,5 gram. Kale kaya asam folat yang baik untuk perkembangan otak dan vitamin A, C, serta K.

Kale juga mengandung vitamin B kompleks, seperti B1, B2, B3, B6, B9. Tak itu kolin, besi, magnesium, mangan, fosfor, Na dan Zn juga terdapat pada sayuran yang mirip sawi ini.

Nah untuk mengonsumsinya, kale dapat dibuat salad sayur. Jika tak biasa makan salad sayur, kale juga dapat ditumis, maupun menjadi campuran dalam sup. Terakhir, kale memiliki tekstur yang agak keras, jadi tak mudah layu jika di masak.

Baca juga: Insecure Itu Bukan Biar Dibilang Membumi Untuk Melangit! 

Related posts