Mahasiswa KKN IPB Bagi Benih Padi IPB dan Mengedukasi Masyarakat
Brebesan, Warta

Mahasiswa KKN IPB Bagi Benih Padi IPB dan Mengedukasi Masyarakat 

Bumiayu, Rembes.net – Sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) Institut Pertanian Bogor (IPB) melakukan kegiatan pembagian benih padi IPB di Dukuh Maribaya Desa Kalinusu Kecamatan Bumiayu, Selasa 18/8.

Selain membagikan benih padi. Jenis varietas padi yang dibagikan antara lain padi 3S, padi 9G, dan padi 8G hasil pemuliaan salah satu dosen IPB Hajrial Aswidinnoor bersama tim. Selain pembagian benih padi, Mahasiswa KKN juga memberikan edukasi kepada warga cara budidaya padi yang benar dan cara mengatasi berbagai hama dan penyakit lewat program Rumah Pangan Lestari (RPL).

Ketua KKN-T IPB Dukuh Maribaya Desa Kalinusu, Holidin mengatakan bahwa lewat program RPL tersebut bisa membawa nama baik kampusnya. Selain itu ia juga mengatakan program ini bisa membantu masyarakat mengatasi hama padi dan rendahnya produktivitas padi lokal.

“Harapan kami dengan pembagian benih tersebut sebagai upaya promosi Kampus IPB dan juga mampu membantu masalah terkait banyaknya hama dan masih rendahnya produktivitas padi lokal yang selama ini di tanam masyarakat”, tutur Holidin kepada Rembes.net lewat aplikai WhatsApp, Selasa 18/8.

Baca juga: KKN-T IPB Laksanakan Kegiatan Penanaman Pohon di Maribaya Bumiayu 

RPL merupakan metode bertani ala rumahan dengan memanfaatkan lahan pekarangan di sekitar rumah. Pekarangan dan halaman rumah dapat ditanami berbagai macam sayuran yang nantinya dikonsumsi keluarga. Tidak usah khawatir akan rumah yang sempit dan sesak. Melalui kreativitas, bambu dan barang bekas dapat disulap menjadi rak tanaman vertikultur yang minim penggunaan lahan

Pelaksanaan program RPL ini memakan waktu kurang lebih satu bulan, tepatnya dari 22 Juli s.d 17 Agustus 2020 dengan beberapa kegiatan yaitu sosialisasi RPL kepada warga Maribaya, menyiapkan lahan, menyemai, transplanting, hingga membagikan tanaman sayuran kepada warga setempat. Benih yang ditanam tidak hanya padi diantaranya pakcoy, kangkung, bayam merah, cabai, cabai pelangi IPB, tomat, dan pepaya Calina IPB.

Pada sosialisasi RPL mahasiswa KKN-T IPB ini juga mengenalkan produk pertanian inovasi IPB, seperti pepaya calina, padi IPB 3S, cabai pelangi, jagung hitam, dan beberapa tanaman lainnya. Mahasiswa KKN juga mengajak warga menanam beberapa sayuran lainnya yang biasa ditanam di sekitar rumah, yang nantinya dapat dinikmati oleh anggota keluarga. Cara tersebut tentu dapat meminimalisir biaya pengeluaran kebutuhan sehari-hari mereka dan juga dapat memperoleh pangan yang sehat dan bergizi.

Baca juga: Bibit Bawang Mahal, Petani Brebes Beralih Menanam Komoditas Lain 

Related posts