KKN-T IPB Laksanakan Kegiatan Penanaman Pohon di Maribaya Bumiayu
Warta

KKN-T IPB Laksanakan Kegiatan Penanaman Pohon di Maribaya Bumiayu 

Senin, 20 Juli 2020 Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) IPB 2020 asal Brebes melaksanakan program penanaman pohon (Gerakan 1 Rumah 1 Pohon) dan pemeriksaan gratis hewan ternak kambing, sapi dan kerbau di Dukuh Maribaya Desa Kalinusu Kecamatan Bumiayu bersama Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnak Keswan) Provinsi Jawa Tengah, Sekretaris Disnak Keswan Jateng, Kabid PSP Disnak Keswan Jateng, Kepala Dinas DPKH Kabupaten Brebes, Sekretaris DPKH Brebes, beserta para Kabid dan juga Camat Kecamatan Bumiayu yang dalam hal ini diwakili oleh Sekretaris Camat Bumiayu.

Kepala Disnak Keswan Propinsi Jawa Tengah, Lalu Muhammad Syafriadi, mengatakan dirinya baru pertama kalinya berkunjung ke Dusun Maribaya Desa Kalinusu Kecamatan Bumiayu dan memberikan motivasi untuk kemajuan daerah Brebes

“Ini kali pertama saya datang ke Maribaya. Melihat potensi sumberdaya alam terutama peternakan di sini, Kabupaten Brebes tidak perlu menunggu 2026 untuk memajukan daerah. Saya kira, tahun 2023 Brebes bisa lebih maju dengan mengoptimalkan peternakan di Maribaya seluas lebih dari 100ha di atas lahan milik pemda,” tutur Lalu.

Baca juga: Gunung Gora, Pesona Jalur Pendakian di Brebes 

Melihat sumberdaya alam desa Maribaya Kepala Disnak Keswan optimis Maribaya akan menjadi daerah yang maju, ditambah dengan pengoptimalan peternakan yang dapat dimanfaatkan, apalagi Maribaya terkenal dengan sapi Jabres yang menurutnya memiliki tingkat reproduksi yang tinggi.

“Di sini terkenal dengan Sapi Jabres (Jawa-Brebes) yang memiliki reproduktif tinggi, yakni sampai 15 lebih beranak”, Lanjutnya.

Kegiatan Hijaukan Kampungku yang diberi nama Gerakan 1 Rumah 1 Pohon di awali dengan penanaman simbolis di lokasi Embung Maribaya oleh Kepala Disnak Keswan Provinsi Jateng, Kepala DPKH Brebes beserta para jajaran dan juga Sekretaris Camat Bumiayu.

Dengan adanya gerakan 1 rumah 1 pohon, 10 Mahasiswa KKN IPB Maribaya berharap setiap rumah mempunyai pohon teduhan yang berfungsi sebagai penyimpan cadangan air sekaligus mengurangi produksi CO2.

Kemudian kegiatan dilanjut dengan Pemeriksaan hewan ternak gratis milik warga Dukuh Maribaya. Pemeriksaan meliputi pengecekan kesehatan hewan, pemberian obat cacing serta pemberian vitamin. Selain kegiatan itu ,dinas peternakan juga melakukan monitoring sekaligus meresmikan embung yang berlokasi di Dukuh Maribaya tersebut.

Baca juga: Santri di Era Digital 

Related posts