Kisah Andrew Darwis Pendiri KasKus Portal Forum Terbesar di Indonesia.
Tokoh

Kisah Andrew Darwis Pendiri KasKus Portal Forum Terbesar di Indonesia. 

Jika kalian adalah pengguna aktif di internet pasti tidak asing dengan portal forum yang bernama Kaskus. Kaskus merupakan singkatan dari kata ‘Kasak Kusuk’ yang memiliki sebuah arti berbisik-bisik di sebuah forum online.

Kaskus sering digunakan oleh penggunanya untuk berinteraksi baik itu bertanya, bercerita, maupun berbagi pengalaman bahkan untuk jual beli dan penggunanya sering disebut dengan Kaskuser. 

Sedikit mengenal Kaskus.

Kaskus lahir pada tanggal 6 November 1999 oleh tiga pemuda asal Indonesia yaitu Andrew Darwis, Ronald Stcphanus, dan Budi Dharmawan, yang sedang melakukan studi di Seattle, Amerika Serikat.

Kaskus merupakan sebuah forum online yang menyediakan beberapa tema dan kategori dimana anggotanya dapat menuliskan atau mengunggah informasi dan para member lainnya dapat memberikan komentar. 

Keunikan Kaskus lainnya berupa pesan antar anggotanya yang besifat pribadi dan dapat memberikan rating baik atau buruk yang akan ditampilkan pada profil yang menerima. Forum yang terkenal pada tahun 2000-an hingga saat ini karena kaskus dulunya sering digunakan sebagai forum jual beli yang pada masa itu belum tersedia toko-toko online di Indonesia seperti sekarang ini. 

Andrew Darwis.

Andrew Darwis lahir di Jakarta pada 20 Juli 1979. Andrew sejak kecil memiliki ketertarikan terhadap teknologi dimana dia suka membongkar dan memperbaiki lagi berbagai barang elektronik. 

Andrew menempuh pendidikan di Jakarta, Indonesia dari Sekolah Dasar (SD) sampai Sekolah Menengah Atas (SMA), lalu pada tahun 1998 setelah lulus dari SMA Andrew melanjutkan pendidikannya di Universitas Bina Nusantara (BINUS) jurusan Sistem Infomasi. 

Setelah berkuliah dan lulus dari BINUS, Andrew mulai mencari universitas lain untuk melanjutkan pendidikannya dimana pada saat itu kemajuan teknologi di Indonesia belum seperti sekarang dan menyebabkan Andrew kesulitan dalam mencari Universitas yang memiliki fasilitas dalam mendukung keinginanya tersebut. 

Pada akhirnya Andrew menemukan Universitas yang sesuai dengan keinginannya melalui infomasi yang diberikan oleh temannya yang baru pulang dari Amerika. Lalu Andrew berangkat ke Amerika untuk melanjutkan pendidikannya, pada awal sebelum keberangkatannya orang tua Andrew tidak setuju dengan keinginan Andrew untuk melanjutkan pendidikan di Amerika dikarenakan biaya yang dibutuhkan tidak sedikit. 

Andrew melanjutkan pendidikannya di Seattle University dan menjadi salah satu mahasiswa di Art Institute of Seattle jurusan Multimedia and Web Design. setelah menyelesaikan pendidikannya di Art Institute of Seattle jurusan Master of Computer Science hingga tahun 2006. 

Awal berdiri Kaskus. 

Ada yang unik dari asal mula didirikannya Kaskus dimulai ketika Andrew mendapatkan tugas dari dosen semasa kuliah untuk membuat program dari situs gratisan. Dari situlah ide Andrew muncul untuk membuat suatu situs lainnya, dan akhirnya pada tanggal 6 November 1999, Kaskus didirikan. 

Pada awal dibuatnya, Kaskus ditujukan untuk mahasiswa Indonesia yang berkuliah di Seattle yang ingin berbagi informasi ataupun mengunggah berbagai macam hal dan berita seputar lndonesia demi menghilangkan rasa rindu akan kampung halaman mereka. 

Andrew mengembangkan Kaskus bersama sahabatnya, Ronald Stephanus dan Budi Dharmawan. Seiring berjalannya waktu kedua sahabat Andrew tersebut memutuskan untuk berpisah namun tetap mendukungnya. Mulai dari situ Andrew mulai mengembangkan Kaskus seorang diri hingga terkenal sampai saat ini.

Related posts