Kawasan Industri Pindah ke Batang, Brebes Akan Tetap Dikembangkan
Warta

Kawasan Industri Pindah ke Batang, Brebes Akan Tetap Dikembangkan 

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menjegaskan bahwa pemerintah akan memindahkan pengembangan kawasan industri dari Brebes ke Batang, Jawa Tengah karena masalah pembebasan lahan di Brebes belum selesai.

Menurut Erick pengembangan industri di Brebes masih membutuhkan pembebasan lahan yang membutuhkan waktu yang lama, sementara investor dari Jepang dan Amerika Serikat akan melakukan investasi di Indonesia dalam waktu enam bulan lagi.

“Gak mungkin bebaskan lahan dulu, bangun infrastruktur dulu, baru dua tahun jadi, itu sudah telat, Ini switch makanya kita harus lebih agresif,” ujar Erick Thohir sebagaimana dikutip idntimes.com.

Baca juga: Novel Belenggu dan Skandal Balai Pustaka

Rencananya, pengembangan industri di Batang akan menggunakan lahan milik PT Perkebunan Nusantara atau PTPN luasnya 4 ribu hektare (ha). Sudah ada 300 meter berupa rel kereta api dan pelabuhan peninggalan Belanda akan dikonversi menjadi lahan industri.

“Semua akan dikonversikan jadi lahan industri investasi percepatan pemindahan partner dari Jepang dan Amerika Serikat,” ucapnya.

Meski akan dipindah ke Batang, Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Bahlil Lahadalia, menyebut Brebes tetap akan dikembangkan untuk investasi.

“Brebes akan tetap dikembangkan, tetapi ini dibawa dulu ke Batang,” kata dia dalam video conference sebagaimana dikutip dari detik.com, Jumat (12/6).

Baca juga: Memperjuangkan Hak-hak Marbot Masjid 

Related posts